phone Phone
+622154314166
close
menu

PT Mechtron Mastevi Indonesia

  • Instalasi AC Tata Udara Ruang Operasi Ruang Steril Cleanroom

Deskripsi Jasa Instalasi AC Tata Udara Ruang Operasi Ruang Steril Cleanroom

Ruang operasi rumah sakit dapat diklasifikasikan sebagai cleanrooms, tetapi Fungsi utama mereka adalah untuk membatasi jenis tertentu kontaminasi daripada kuantitas partikel berada. Cleanrooms digunakan dalam isolasi pasien dan operasi di mana risiko infeksi ada. 

Sebuah ruang isolasi dibangun untuk meminimalkan migrasi partikel dari ruang isolasi ke area lain dari fasilitas perawatan kesehatan. Risiko terinfeksi melalui jalur udara adalah fungsi dari konsentrasi partikel. Kemungkinan partikel yang membawa organisme jatuh pada pasien yang sedang dalam perawatan. Dengan mengurangi konsentrasi partikel bertujuan mengurangi kemungkinan infeksi, karenanya, jumlah pasien yang terinfeksi. Dan mencegah terjadi penyakit baru yang timbul.
Pertama, konsentrasi partikel akan cenderung meningkat dengan laju produksi partikel di dalam ruangan.
Kedua, proporsi supply udara dan kuantitas udara exhaust berkaitan dengan ukuran ruangan.
Ketiga, tingkat filtrasi udara yang disediakan akan mempengaruhi kemampuan sistem ventilasi untuk mengurangi ruangan berkonsentrasi partikel dan
Keempat, turbulensi udara dan pergerakan udara dalam ruangan bisa mengangkut partikel sehingga metode distribusi udara akan mempengaruhi tingkat konsentrasi lokal.
Empat faktor utama yang mempengaruhi konsentrasi di sekitar seseorang di kamar: Tiga terakhir ini adalah atribut dari sistem ventilasi yang dapat direkayasa untuk membatasi efek yang pertama. Rekomendasi untuk rekayasa kontrol untuk mengandung atau mencegah penyebaran pusat kontaminan udara pada :
1.     Ventilasi udara
2.     Filterisasi Udara atau Pembersih udara (filtrasi primer dan sekunder)
3.     Ventilasi udara exhaust

VENTILASI UDARA
Cara yang paling efektif untuk mengontrol kontaminan, bau dan polusi udara dalam ruangan adalah melalui ventilasi, yang membutuhkan kontrol simultan dengan beberapa kondisi:
1.     Pertukaran udara
2.     Tekanan ruangan  disesuaikan dengan kelas isolasi
3.     Distribusi udara yang tepat dikondisikan dengan pendinginan AC
4.     Kualitas yang tinggi pada sistem penyaringan udara sangat dibutuhkan
5.     Suhu dan kelembaban kontrol yang tepat memastikan pemeliharaan sesuai dengan iklim

Pertukaran Udara
Ketentuan Supply Ventilasi untuk fasilitas kesehatan memerlukan udara segar yang besar untuk mencairkan dan menghilangkan kontaminan yang dihasilkan dalam ruang dan ada beberapa ruangan tidak membutuhkan udara balik. Tingkat ventilasi untuk fasilitas kesehatan yang menyatakan sebagai perubahan udara udara per jam (ACH), yang merupakan ukuran seberapa cepat udara dalam ruang interior diganti dengan luar (atau AC) udara.

Sebagai contoh, jika jumlah udara yang masuk dan keluar dalam satu jam sama dengan total volume ruang, ruang tersebut dikatakan mengalami satu perubahan udara per jam. Laju aliran udara diukur dalam satuan yang sesuai seperti kaki kubik per menit (CFM) dan diberikan oleh :

Dalam persamaan ini,
Q adalah laju aliran volume udara yang dihitung, dan ACH adalah jumlah perubahan udara per jam. Untuk menentukan aliran udara yang dibutuhkan untuk ventilasi daerah memadai,
Hitung volume ruang untuk ventilasi Lebar x Panjang x Tinggi = ft3 (kaki kubik).
Hitung kebutuhan volume udara dengan mengalikan volume ruang oleh tingkat pertukaran udara per jam = ft3 / jam.
Studi yang dilakukan. menunjukkan bahwa hanya satu udara perubahan dengan udara segar dapat menghilangkan 63% dari partikel dari udara kamar. Jika sistem ventilasi dapat melakukan 10 perubahan udara per jam (ACH), dibutuhkan 14 menit untuk menghilangkan 90% dari kontaminan udara di ruang dan 28 menit untuk menghilangkan 99%. Dengan demikian peningkatan jumlah perubahan udara segar per jam efektif untuk membersihkan kontaminan udara. Namun, semakin tinggi tingkat pertukaran udara (> 20 ACH) dapat menyebabkan turbulensi dan biaya untuk ventilasi sendiri akan terlalu tinggi. Oleh karena itu, kompromi direkomendasikan 12 ACH diusulkan yang harus dicapai ketika filter telah mencapai penurunan tekanan maksimum. Tinggi ACH juga sama dengan penggunaan energi dibutuhkan. 
Pemilihan 12 pertukaran udara per jam sebagian besar adalah masalah konvensi. Tingkat ventilasi bersifat berubah kecuali ada ketentuan pada suatu pemerintah atau lokal menetapkan standar dalam persyaratan lisensi kesehatan. Standar-standar ini biasanya hanya berlaku untuk desain fasilitas, daripada operasi. Berdasarkan pengetahuan dan profesional penilaian ilmiah tercermin dalam pedoman AIA, ASHRAE dan American National Standards Institute (ANSI) telah mengembangkan rekomendasi desain untuk ventilasi dan tekanan hubungan untuk berbagai tempat perawatan pasien. Fasilitas kesehatan tanpa standar ventilasi khusus harus mengikuti ANSI / ASHRAE Standard 62, Ventilasi untuk Acceptable Indoor Air Quality atau di tidak adanya  perubahan supply / jam berikut pedoman udara tertentu dapat digunakan:
Untuk ruang yang bertekanan udaranya di bawah tekanan negatif. Exhaust udara 10 sampai 15 persen lebih dari suplai udara.
Untuk ruang untuk bertekanan udara di bawah tekanan positif, Exhaust udara 10 sampai 15 persen lebih sedikit daripada suplai udara.

KONTROL TEKANAN RUANGAN
Membangun ruang bertekanan merupakan faktor penting untuk memantau di rumah sakit karena dapat sangat mempengaruhi pengontrolan pada ruangan rumah sakit. Jika tekanan udara dapat gedung diperbolehkan untuk menjadi negatif karena pasokan filter yang digunakan, Supply udara berjalan terlalu lambat, atau Return udara berjalan terlalu cepat, kelembaban  dan kotoran udara dapat ditarik ke dalam gedung melalui retakan dan celah.

Tekanan ruang bangunan dicapai dengan mengendalikan kualitas dan kuantitas udara supply dan udara exhaust, menjaga perbedaan tekanan udara antara daerah yang berdekatan, dan merancang pola aliran udara untuk tujuan klinis tertentu.

 

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kebutuhan HVAC Rumahsakit Anda, silakan konsultasikan dengan kami via 081361689837 (whatsapp)

Kirim Pertanyaan Anda ke PT Mechtron Mastevi Indonesia mengenai Instalasi AC Tata Udara Ruang Operasi Ruang Steril Cleanroom

Isi Kode Security: